Cash For Wok (CFW) merupakan kegiatan dengan memberikan upah langsung kepada tenaga kerja yang terlibat. BAZNAS telah menginisiasi gerakan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan taraf hidup pelaku usaha kecil binaan BAZNAS yang terdampak akibat penyebaran virus Covid-19 yang kian bertambah, hal ini membuat banyak pelaku usaha yang terpaksa gulung tikar karna berkurangnya pemasukan.

Saat ini pada hari Rabu (08/04), telah dilaksanakan aksi CFW di 5 titik yang terdampak yaitu di Sukamaju Baru Depok, Pasar Manggis Jakarta Selatan, Cibanteng Bogor, Muara Sanding Garut, Cipayung Jaya Depok

Salah satu pedagang Nasi Goreng yakni Ikbal yang tinggal di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Tapos, Kota Depok, mengalami penurunan omset hampir 75% saat mulai menyebarnya virus Covid-19, dimana sebelumnya beliau dapat menghasilkan keuntungan bersih sampai 1,5 juta perbulannya.

Selain penjual nasi goreng, ada juga penjual jasa laundry, pedagang cuanki, pedagang batagor, pedagang bakso, dan lain lain. Dengan adanya aksi ini, para pelaku usaha yang terdampak dapat mencukupi kebutuhan pangannya.

setidaknya ada 1164 KK yang rumahnya telah disemprot, 50 mustahik penerima voucher Zmart dan 5 warung saudagar Zmart yang diberikan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan.

Aksi CFW memiliki berbagai macam kegiatan, mulai dari edukasi kepada pelaku usaha, penyemprotan desinfektan, pembuatan tempat cuci tangan sederhana di warung Zmart dan pemberian voucher sembako yang dapat ditukarkan di warung Zmart kepada relawan BAZNAS.

kedepannya, aksi ini akan terus dilaksanakan sampai tanggal 23 April 2020. Diharapkan seluruh mustahik pelaku usaha dapat terpenuhi kebutuhan dasar ekonominya dan penyemprotan desinfektan dapat mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19.

BAZNAS

BaznasTanggapCovid-19

LpemBaznas

CashForWork

LekasPulihIndonesia

SemestaKebajikanZaka

Leave a Comment