Sembilan kebutuhan pokok (sembako) menjadi kebutuhan keseharian masyarakat yang minimal tersedia untuk kehidupan. Ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini, penyediaan sembako menjadi sangat vital karena disamping jumlahnya terbatas, harga yang yang ditawarkan mulai merangkak naik, tetapi dengan nilai pendapatan masyarakat yang cenderung malah menurun.

BAZNAS menyiapkan Paket Logistik Keluarga yang akan disalurkan oleh Layanan Aktif BAZNAS (LAB) sebagai bentuk kepedulian zakat bagi kehidupan masyarakat rentan. Sinergitas antar lembaga program BAZNAS dilakukan dengan apik antara LAB dengan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM).

Distribution Center (DC) Zmart yang merupakan satu unit usaha Koperasi Saudagar Ritel Indonesia adalah institusi ekonomi yang dibentuk oleh 50 Saudagar Zmart binaan BAZNAS yang salah satu peranannya adalah memasok barang-barang jualan di Zmart. DC Zmart memiliki jejaring yang luas dan kuat untuk melakukan pemesanan paket sembako dalam jumlah yang besar bagi dengan berbagai jenis untuk memenuhi kebutuhan para donatur, perusahaan, Lembaga, dan kantong-kantong retail lain.

Paket Logistik Keluarga yang dikembangkan LAB merupakan program untuk mensupport kebutuhan sembako bagi masyarakat rentan yang jumlahnya terus bertambah akibat wabah Covid-19. 1.200 Paket Logistik Keluarga kerjasama BAZNAS dan Gojek serta 1.000 Paket Logistik Keluarga BAZNAS yang akan disalurkan LAB sedang disiapkan oleh DC Zmart yang dalam aktivitasnya selalu menjaga kebersihan dan higienitas sebagai pelaksaan protokol pencegahan virus corona.

DistributionCenterZmart

SaudagarZmart

LembagaPemberdayaanEkonomiMustahik

LekasPulihIndonesia

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment