Selasa (21/04), Kartini merupakan sosok pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada era penjajahan. Kartini merupakan pahlawan kemerdekaan Indonesia yang tidak pernah mengangkat senjata dalam peperangan melawan Belanda, namun namanya terkenang dalam sejarah Indonesia, karena Kartini merupakan sosok inspirasi bagi perempuan Indonesia.

Bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mengadakan Aksi Cash For Work (CFW) dengan mengikutsertakan perempuan pelaku usaha yang mengalami dampak akibat pandemi Covid-19.

Dalam aksi CFW saat ini, setidaknya ada minimal 3 pelaku usaha perempuan yang terdampak di setiap titik dengan total 30 orang menjadi relawan BAZNAS yang memiliki latar belakang dengan berbagai macam bidang usaha seperti warung seblak, warung nasi, warung jajanan, gorengan kue basah, lauk, kue keliling, gado-gado dan lain-lain.

Dengan meningkatnya pasien positif terkonfirmasi menurut Covid-19.go.id di Indonesia sebanyak 6,760 orang, semakin bertambah penyebaran wabah membuat masyarakat kian ragu dalam membeli makanan siap saji, sehingga banyak perempuan pelaku usaha mengalami penurunan omzet penjualan hingga 50%, bahkan sebagian besar memilih untuk gulung tikar karena kurangnya minat pembeli.

Saat ini kegiatan CFW memiliki berbagai macam kegiatan diantaranya edukasi seputar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyemprotan cairan desinfektan di rumah warga sebanyak 1003 KK dan tempat umum, pemasangan 7 tempat cuci tangan sederhana di titik Zmart dan pemberian voucher Zmart senilai Rp 200.000,00 kepada 70 relawan BAZNAS yang dapat ditukarkan dengan paket sembako di warung Zmart terdekat.

Aksi CFW dilaksanakan di 7 titik terdampak yaitu, Kel. Babakan Sari, Bandung; Kel. Pelindung Hewan, Bandung; Kel. Pagarsih, Bandung; Kel. Kartini, Jakarta Pusat; Kel. Marga Mulya, Bekasi; Kel. Sangiang, Tangerang dan Kel. Margasari, Tangerang.

Aksi ini telah berjalan sebanyak 91 titik dan direncanakan akan terus berlangsung sampai tanggal 23 April 2020. Diharapkan dapat meningkatkan edukasi dan pemahaman masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, dapat memotivasi warga untuk menjalankan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, dan membantu kaum rentan yang terimbas dampak ekonomi.

BAZNAS

BaznasTanggapCovid-19

LpemBaznas

CashForWork

LekasPulihIndonesia

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment