Jakarta (24/10). Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang mendapatkan dampak yang besar karena pandemi COVID-19. Tidak sedikit UMKM yang gulung tikar karena lesunya roda perekonomian selama kurun waktu hampir setahun ini.  

Namun ditengah keadaan tersebut, masih ada di antara pelaku UMKM yang berusaha bertahan dan mencoba berjuang mengokohkan usahanya. Seperti yang dilakukan oleh Yono (40th), pelaku UMKM sekaligus mustahik binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS dengan usaha Bakso Sapi di Wilayah Senen, Jakarta Pusat. 

Saat disambangi oleh Pendamping Mustahik Pengusaha, Kevin Arthur Herivo di tempat biasa ia berjualan, Pak Yono membagikan kisahnya mengenai perjuangannya bertahan ditengah kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Yono sempat mengutarakan kesedihannya saat adanya pandemi COVID-19 di bulan maret sampai pertengahan tahun 2020, sepinya pembeli membuat dagangan saya rugi, untuk balik modalpun tidak, modal kegerus sampai habis.

“Alhamdulillah bulan Juli kemarin dapat bantuan modal BAZNAS, bermanfaat banget untuk saya dalam menstabilkan modal dagang. Alhamdulillah Sejauh ini pelan-pelan merangkak positif, bisa menyisihkan keuntungan kembali” Ujar Yono.

Penurunan penjualan itu dikarenakan Bakso Pak Yono memiliki segmentasi konsumen dari karyawan yang terletak disekitar tempatnya berdagang, dan awal COVID-19, hampir seluruh kantor WFH (Work Form Home).

Senada dengan Yono, Kevin menuturkan UMKM perlu di dukung penuh agar bisa bertahan disituasi ini. Hadirnya BAZNAS dalam merestrukturisasi modal untuk UMKM di masa pandemi, nampaknya memiliki pengaruh yang cukup signifikan. beberapa UMKM yang paceklik karena modalnya kegerus kini mampu kembali sehat keuanganya.

Yono merupakan salah satu dari 22 mustahik binaan di kelompok At-Taibin Berkah yang telah mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan di bulan Juli 2020. Alhamdulillah, hasil menunjukan rekstrukturisasi modal tersebut mengiringi perjuangan mereka untuk bangkit kembali.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment