BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) dalam program Mustahik Pengusaha pada hari Selasa (22/12) telah menggelar pelatihan memasak ayam crispi kepada 20 mustahik dan dipandu oleh 2 orang trainer dari Distirbutor Center (DC) Z-Chicken Bogor yang berlangsung di Jl. H. Raisan, Kel. Sawangan Baru, Kec. Sawangan, Depok.

Kegiatan ini dimulai dari pengecekan suhu menggunakan thermogun, beserta pemakaian hand sanitizer untuk perserta pelatihan, hingga pembagian celemek guna untuk memproteksi anggota tubuh peserta dari kotoran saat memasak fried chicken.

Setelah itu pendamping mustahik pengusaha Depok, Buky Suhada membuka kegiatan pelatihan memasak fried chicken dengan memberikan motivasi kepada mustahik agar dapat memanfaatkan momentum dari kegiatan ini, serta mengingatkan untuk selalu menjaga rasa semangat yang dimilikinya hingga dapat komitmen dalam menjalankan usaha Z-Chicken karena dana bantuan tersebut berasal dari dana zakat muzaki yang diamanahkan kepada BAZNAS.

Lalu dilanjutkan pembahasan materi yang dipimpin oleh Helmi selaku trainer dari DC Z-Chicken. Pembahasan dimulai dengan memperkenalkan komponen peralatan memasak, jenis bahan baku dan menekankan kepada peserta akan penyeragaman mutu atau identitas usaha Z-Chicken.

Berikutnya dilanjutkan oleh terainer kedua, Agung dimulai dengan memberikan testimoni pelanggan yang telah repeat order dan mengatakan bahwa ayam Z-Chicken enak. Setelah itu Mas Agung memandu para peserta dalam memasak fried chicken dengan mencontohkan terlebih dahulu dari mulai mempersiapkan bahan-bahan, mencampurkan ayam dengan tepung, serta memasak dengan kompor deepfryer hingga warna kecoklatan dan matangnya merata, lalu para peserta mempraktekannya.

Ketua kelompok Z-Chicken Kota Depok, Iwan (30th) mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan memasak Z-Chicken ini, kita jadi lebih mengetahui tentang cara memasak ayam Z-Chicken lebih simple dari pada lainnya, karena dengan adanya pelatihan ini menjadi modal utama kita dalam menjalankan usaha Z-Chicken sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Di akhir kegiatan, LPEM BAZNAS beserta DC Z-Chicken membagikan beberapa bahan baku ayam dan tepung kepada mustahi untuk dapat mempraktekkan kembali di rumahnya masing-masing, sehingga saat mereka mendapatkan gerobak, perlengkapan usaha dan bahan baku, mereka dapat segera mulai berjualan.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment