Serang (8/2). Kelompok Cahaya Tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Ds. Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang siapkan beras zakat fitrah 1442 H.

Memiliki lahan seluas 15 ha sebagai lahan garapan padi sawah dari total keseluruhan lahan seluas 25 ha. Lahan seluas 10 ha sisanya dimanfaatkan petani untuk dialokasikan sebagai lahan sayuran. Petani binaan memiliki kebiasaan saat menghadapi bulan Ramadhan dengan menanam timun suri, sehingga Kec. Baros dinamakan pusatnya timun suri di Banten.

Ketua Kelompok Cahaya Tani, Faoji Rohman (43th) mengungkapkan bahwa prediksi panen Gabah Kering Panen (GKP) 75 ton dari 15 ha dengan asumsi 5 ton/ha. Nantinya hasil panen dijual untuk keperluan zakat fitrah, namun sebagian petani binaan menyisakan untuk keperluan di rumah.

“Musim tanam kali ini lebih cepat, dari sebelumnya karena ketersediaan air cukup akibat musim hujan yang panjang. Insyaallah panen padi sawah musim ini kami fokuskan untuk pengadaan beras zakat fitrah BAZNAS tahun 1442 H.” tutur Faoji

Pengairan lahan pertanian milik kelompok Cahaya Tani berasal dari aliran air sungai yang bersumber dari gunung. Petani juga menggunakan pupuk semi organik serta penggunaan pestisida nabati dan kimia.

Dijadwalkan para petani akan melaksanakan panen raya pada akhir Ferbuari dengan cara gotong royong dan bergiliran antar petani binaa. Semoga kelompok Cahaya Tani mampu memaksimalkan pengadaan beras zakat fitrah BAZNAS.

Badan Amil Zakat Nasional
*Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUmat
#LPEMBAZNAS
#Lumbung Pangan

Leave a Comment