Serang, (17/09) Kelompok Tani Ranca Layung binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di kab. Serang lakukan pengolahan lahan untuk ditanami tanaman sayuran berupa Paria dan Mentimun dilahan pertanian Ds. Cirangkong, Kec. Petir, Kab. Serang.

Ketua kelompok Tani Bapak Ibnu (33) mengatakan, persiapan lahan yang dilakukan oleh anggota sangat beragam, mulai pembuatan ajir, pembuatan guludan, pengairan, dan kegiatan lain nya. Pada musim tanam kali ini anggota kelompok melakukan tanaman sayuran Paria dan mentimun, dengan alasan harga jual akan stabil pada saat panen dan diperkirakan hasil panen mencapai 30 ton.

“Semua kegiatan ini dilaksanakan oleh 6 orang anggota kelompok yang nantinya masing masing petani menanam 5000 bibit tanaman sayur” lanjut Ibnu

Muhamad Pirdaus selaku pendamping menambahkan, dengan bantuan usaha tani dari BAZNAS dengan harapan hasil panen tanaman sayuran yang sebelumnya rendah menjadi lebih optimal, sehingga petani dapat meningkatkan kesejahteraan para petani binaan.

Selain hasil panen meningkat, pendamping juga berupaya agar sistem pertanian berubah kearah pertanian organik dengan memanfaatkan SDA di lingkungan sekitar. Sehingga modal kerja dapat ditekan dan hasil produksi tetap maksimal.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#LUMBUNGPANGAN
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment