Rabu (22/07) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan kembangkan tanaman padi organik stadia vegetatif di kelompok tani Riung Gunung yang terletak di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan luas lahan sebesar 1000 meter persegi.

Stadia vegetatif merupakan fase pertumbuhan tanaman pada masa pembentukan daun. Sedangkan fase genetatif adalah fase pembentukan bunga hingga bulir padi.

Menurut Erik, pendamping Lumbung Pangan, perkembangan padi organik saat ini memiliki kondisi yang baik dan tidak terserang hama penyakit.

Salah satu anggota Kelompok Tani Riung gunung, Bapak Ma’mun menuturkan saat ini usia tanaman padi berumur 40 hari setelah tanam, untuk memaksimalkan pertumbuhan masa stadia vegetatif (daun) tentunya perlu dilakukan upaya agar proses terbentuknya anakan padi organik lebih maksimal.

Salah satu upaya tersebut yaitu kegiatan penyiangan untuk pembersihan gulma atau tanaman pengganggu. Fungsi dari pembersihan gulma agar unsur hara baik makro maupun mikro bisa diserap oleh tanaman padi secara maksimal. Selain itu kegiatan ini juga untuk memperlancar respirasi dalam menguraikan bahan makanan untuk tanaman sehingga tercipta proses fotosintesis dengan baik.

Dalam kegiatan penyiangan juga dilakukan pembalikan tanah top soil secara manual sehingga proses respirasi dan penyerapan unsur haranya lancar. Proses ini dapat dilakukan berkali-kali tergantung masa usia tanaman padi. Semoga dengan kegiatan ini bisa memaksimalkan pertumbuhan padi dengan baik dan menghasilkan beras yang berkualitas.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment