Kuningan (10/12), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan bersama petani binaan terapkan manajemen budidaya bawang merah bima curut, salah satunya dengan memasang papan tanggal tanaman bawang di lahan milik Sanhari (50th) kelompok Tunas Mandiri dan Dharma (55th) kelompok Widarasari di Desa Widarasari, Kelurahan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS, Herdiana mengungkapkan bahwa pemasangan papan keterangan tanggal penanaman ditujukan sebagai pengingat umur tanaman dan manajemen kontrol waktu pemupukan, dimana saat ini kedua petani menggunakan pupuk kandang dan organik cair, sedangkan Pak Dharma menggunakan tambahan pupuk berupa pupuk hayati cair.

“Kedua lahan tersebut telah melewati masa tanam bawang dengan hanya berselang satu minggu pada bulan November lalu dimana masing masing mengelola lahan seluas 1.400 meter persegi,” ujar Herdiana

Para petani menggunakan pengairan sawah dari drainase sekitar lokasi lahan. Sedangkan pada saat musim hujan, drainase akan ditutup dan para petani akan memanfaatkan air hujan sebagai sumber air untuk lahan mereka.

Diperkirakan waktu tanam bawang akan berjalan selama 120 hari setelah tanam dan diperkirakan akan menghasilkan 3-4 ton bawang dari kedua lahan tersebut.

#BAZNAS
#Lpem
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment