Serang (02/02/2021). Hujaebi (43) anggota kelompok Bina Hidup Sejahtera binaan program Lumbung Pangan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Ds. Cirendeu, Kec. Petir, Kab. Serang, lakukan pemanenan tanaman terong ungu sebanyak 190 kg dengan harga 6000/kg.

Hujaebi merupakan seseorang petani penyandang disabilitas akibat kecelakaan yang menyebabkan kaki kanannya tidak dapat berfungsi normal. Keterbatasan fisik tidak membuatnya berkecil hati, dengan bantuan tongkat ia terus mengais rizki yang halal dengan berfrofesi menjadi petani. Waktu luang bertani ia manfaatkan untuk mengembala 10 ekor kambing milik tetangganya demi menambah pemasukan ekonomi keluarga.

Hujaebi yang biasa disapa Kang Ebi ini biasa berjalan dengan tongkatnya dari kediamannya ke pertanian miliknya sejauh 1,5 KM. Bantuan pengembangan pertanian yang disalurkan BAZNAS kepada Hujaebi pada tahun 2020 lalu memotivasi dirinya dalam mengembangan pertanian terong. Mengembangkan 1500 bibit tanaman terong dari luas tanah 0,5 hektar.

“Alhamdulillah berkat bantuan ini saya dapat menambah jumlah tanaman, pupuk, dan nutrisi agar dapat lebih maksimal. Sekarang saya dapat merasakan hasil panen dengan jumlah banyak.” ujar Hujaebi.

190 Kg terong merupakan total panen pertama dan kedua, dimana Hujaebi masih memiliki 20 kali panen lainnya. Proses panen sederhana dengan memaanfaatkan kebersamaan kelompok menjadikan proses panen berjalan dengan lancar. Di tengah keterbatasan fisik, menjadikan Hujaebi sangat istimewa karena semangatnya mampu sejajar dengan petani binaan BAZNAS lainnya.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBaznas
#LumbungPangan

Leave a Comment