Serang (21/09). Mengawali panen musim tanam kedua, Kelompok Jawara Tani yang beranggotan 12 petani binaan LPEM BAZNAS di Kec. Pamarayan Kab. Serang lakukan pemanenan padi organik seluas 3 Ha.

Pendamping Lumbung Pangan LPEM BAZNAS, Muhammad Pirdaus mengungkapkan bahwa intervensi budidaya tanaman dengan sistem semi organik kepada kelompok Jawara Tani ini sudah kali kedua dilakukan.

Bapak Ade Anwar (52) anggota kelompok yang pada hari ini sedang melakukan panen raya mengatakan bahwa pada panen kali ini petani mendapatkan gabah kering sebanyak 6,7 ton, angka ini menurun dari panen sebelumnya sebesar 7 ton. Hal ini disebabkan karena sebagian lahan sawah mengalami kekeringan dan adanya proyek perbaikan irigasi yang menyebabkan berkurangnya pengairan di lahan petani binaan.

“Syukur Alhamdulillah walaupun ada beberapa lahan yang kurang optimal hasilnya, namun secara umum masih dikatakan baik. Sementara itu, lahan yang dipanen saat ini masih beberapa saja, dan pada pekan berikutnya insyaallah seluruh anggota lakukan pemanenan serentak.” Ungkap Wandi (47) selaku ketua kelompok Jawara Tani.

Gabah hasil panen kali ini akan dijual kepada beberapa mitra petani sekaligus sebagai pemasok gabah para petani di wilayah Pamarayan. Kedepannya, kelompok Jawara Tani akan menamai produk berasnya dengan merk “Beras Saudagar”.

#BAZNAS
#LPEM
#LUMBUNGPANGAN

Leave a Comment