Faoji Rohman (42), ketua kelompok Cahaya Tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS lakukan panen sawi di kebun miliknya pada Jumat (16/10) di Kp. Kreo Panjang, Ds. Sukamanah, Kec. Baros Kab. Serang. Panen ini menghasilkan 3 ton sawi.

Tak hanya Faoji, panen juga dibantu oleh anggota kelompok Cahaya Tani sebagai bentuk kerja sama dan saling membantu. Adapun lahan yang dipanen oleh kelompok Cahaya Tani ini seluas kurang lebih 2.500 meter atau 3 petak sawah.

Sebagai bentuk intervensi BAZNAS dalam penerapan metode tanam, petani binaan diharuskan untuk menggunakan sistem organik. Muhammad Pirdaus, selaku pendamping melakukan edukasi kepada petani binaan dalam membuat pupuk organik cair dari bahan-bahan nabati yang ada di sekitar wilayah mereka.

Faoji Rohman mengungkapkan bahwa merawat tanaman sawi lebih mudah dibanding tanaman lain. Selain itu, lebih cepat perputaran uangnya karena umurnya singkat.

Proses pemanenan menggunakan cara sederhana, yaitu dengan mencabut sawi dari tanah. Setelah itu, Faoji melibatkan masyarakat untuk melakukan pemilahan kualitas sawi terbaik.

Selanjutnya, para petani akan memasarkan sawi hasil panennya ke Pasar Lokal Rau di Kota Serang. Taksiran harga perkilogram mencapai 3.000 rupiah sehingga diharapkan kesejahteraan petani dapat tercapai.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment