Serang, (28/10) Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Petani Binaan Lembaga Pemberdayan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS lakukan kegiatan bantuan sosial berupa pembagian hasil panen cabai dan tomat sebanyak 120 paket kepada warga sekitar Ds. Sukamanah Kec. Baros Kab. Serang, Banten. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian petani mustahik kepada warga sekitar yang membutuhkan.

Kelompok Cahaya Tani melakukan hal yang berbeda dari sebelumnya, hasil panen dari tanaman tomat dan cabai mereka bagikan gratis kepada masyarakat Ds. Sukamanah. Mereka berharap masa-masa sulit karena Pandemi Covid-19 ini dapat dilalui oleh seluruh warga sekitar.

Faoji Rohman (42) selaku ketua kelompok merasa bangga kepada anggota kelompok Cahaya Tani. Hal ini karena kerelaan mereka dalam berbagi kepada sesama dalam bentuk menyisihkan sebagian hasil panennya kepada warga sekitar.

“Sebanyak 120 paket berisi tomat dan cabai ini kami bagikan tanpa memilah-milah status warga, kami ingin bagikan ini dengan merata kepada seluruh warga sekitar, mudah-mudahan kedepan kami bisa berbuat lebih dari apa yang kami lakukan saat ini.” tutur Faoji Rohman.

Paket ini dibagikan dengan cara diantar langsung ke tiap pintu-pintu rumah warga memakai gerobak dorong yang dipandu langsung oleh ketua kelompok. Semua anggota kelompok tetap memperhatikan protokol kesehatan. Menurut pendamping Lumbung Pangan BAZNAS, Daus bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama, meski tidak banyak mudah-mudahan dapat membantu warga yang sedang kesulitan di tengah pandemi yang belum tahu kapan selesainya.

Kelompok Cahaya Tani terdiri dari 25 anggota dengan beragam tanaman yang dibudidayakannya. Sejak kelompok ini terbentuk, anggota sudah beberapa kali mengadakan bantuan sosial dalam berbagai bentuk, seperti membagikan zakat fitrah, paket logistik, bibit sayuran, daging kurban, dan kali ini hasil panen tomat dan cabai.

Semoga para petani binaan BAZNAS dapat memberikan kebaikan bukan hanya untuk pribadinya tetapi untuk masyarakat sekitar sehingga nilai kemanfaatannya lebih meluas. Sehingga tujuan BAZNAS agar mustahik menjadi muzakki pun dapat tercapai.

#BAZNAS
#LPEM
#LUMBUNGPANGAN

Leave a Comment