Sukabumi (9/11), Eman (61th) dan Parta (67th) merupakan anggota Kelompok Tani Sari Alam binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Kel. Cibatu, Kec. Cikembar, Sukabumi. Pada musim tanam kali ini, anggota Kelompok Tani Sari Alam lakukan penanaman padi dengan sistem organik.

Dalam pendampingan kali ini, Pendamping Lumbung Pangan, Syarhul mengungkapkan bahwa kelompok Sari Alam telah memasuki musim kelima dengan perlakuan sistem pertanian organik. Adapun dua jenis varietas yang ditanam yaitu jenis Mekongga dan Inpari dengan masing-masing luas lahan 3.200 m2 milik Eman dan 2.200 m2 milik Parta.

Demi memaksimalkan proses pengembangan padi organik, para petani menanam dengan jarak tanam yang sepanjang 25×25 cm dengan usia persemaian memasuki hari ke 15, serta nantinya para petani akan menggunakan pupuk organik yang dihasilkan dari alam selama pengembangan padi mereka.

“Penanaman benih padi organik ini memakan waktu selama tiga hari pengerjaan dengan memaksimalkan seluruh anggota petani lainnya sebanyak 3 orang dalam melakukan penanaman.” ujar Syahrul

Ada hal menarik saat melakukan persemaian dengan sistem pertanian organik ini, yaitu bibit disemai di lahan kering dengan menggunakan bahan kompos sebagai media tumbuhnya. Tempat persemaian diberi alas terlebih dahulu dengan menggunakan plastik ataupun dedaunan agar tumbuhnya akar tidak tembus ke dalam tanah. Setelah itu bibit baru bisa dipindahkan ke lahan tumbuh setebal kurang lebih 7-10 cm.

BAZNAS bersama petani binaanya akan terus mengembangkan pertanian organik demi terciptanya pangan sehat. Kedepannya para petani binaan akan terus dibina dan dibimbing hingga dapat memaksimalkan pertanian dari hulu ke hilir atau pemasaran hasil tani.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment