Sukabumi (27/02). Kelompok Tani Sari Alam dan Riung Gunung merupakan dua kelompok petani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Desa Cibatu, Kabupaten Sukabumi, yang memproduksi beras organik dengan berbagai macam varian. Beras hasil budidaya kelompok tani telah mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya yaitu mendapatkan pesananan 4 ton beras organik merah dan putih varian Sintanur dari PT Sinar Mutiara Angkasa yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Bermula saat adanya sidak produk beras organik yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Barat, menarik ketertarikan Direktur PT. Sinar Mutiara Angkasa untuk berkunjung ke gudang kelompok tani binaan BAZNAS dan memiliki kebutuhan pasar beras organik. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan pemasok beras organik dengan merek dagang “Suta” yang sudah lolos sertifikasi LSO Inofice.

Didasari dari hasil pertemuan dua minggu sebelumnya dengan PT. Sinar Mutiara Angkasa, hal ini menjadi aktivitas kelompok tani binaan BAZNAS dalam menerapkan potensi pasar yang telah tertera dalam Bisnis Model Canvas (BMC) milik kelompok tani. Pemesan beras organik akhirnya disepakati oleh ketua kelompok tani, Dinas Pertanian Kab. Sukabumi, dan PT. Sinar Mutiara Angkasa, dengan total pemesanan awal sebanyak 2 ton beras organik merah dan 2 ton beras organik putih.

Nasir, ketua Kelompok Tani Binaan BAZNAS mengungkapkan bahwa dalam memebuhi kebutuhan pasar, perlu adanya persiapan produk mulai dari giling sampai grading tentunya. Dengan melibatkan anggota petani hingga istri petani itu sendiri serta didampingi oleh pendamping BAZNAS sebagai Quality Control produk. Adapun gabah dan beras yang disiapkan berasal dari Kelompok Tani Sari Alam dan Riung Gunung binaan BAZNAS baik.

Kedepannya, kelompok tani binaan BAZNAS akan melakukan kontrak kerjasama dengan PT Sinar Mutiara Angkasa dalam pengadaan beras merah organik pada musim tanam di bulan Maret – Mei 2021 dengan rencana hasil panen sebanyak 40 ton beras organik.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama M,enyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUmat

LPEMBAZNAS

LumbungPangan

Leave a Comment