Bogor (2/2). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui Program Lumbung Pangan telah mengembangkan Rumah Semai di Desa Margajaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, yang berfungsi sebagai tempat persemaian sebelum penanaman di hamparan lahan.

Sebanyak 20 petani yang tergabung ke dalam Kelompok Tani Dewasa (KTD) Plamboyan Kota Bogor merupakan kelompok tani yang mengembangkan budidaya sayuran bebas pupuk kimia dan pestisida kimia serta mengembangkan pestisida nabati dan pupuk organik cair.

Kepala LPEM BAZNAS, Deden Kuswanda mengungkapkan bahwa pembangunan rumah semai BAZNAS seluas 50 meter persegi telah sepenuhnya berdiri. Rencananya rumah semai akan dijadikan tempat persemaian berbagai macam bibit sayuran organik seperti pakcoy, sawi putih, cesin dan sada.

“Alhamdulillah tahap demi tahap telah terlaksana dengan baik, pembangunan rumah semai sudah sepenuhnya terealisasi dan pengolahan lahan sayuran sudah 80% tertutup plastik mulsa.” ujar Deden

Suksesnya pembangunan rumah semai tidak terlepas dari bentuk pendampingan BAZNAS serta beberapa stakeholder yang terus berpastisipasi dalam pengembangan lumbung pangan di Kota Bogor. Seperti bantuan pengambangan lainnya dari Pekarangan Pangan Lestari (PPL) Dinas Ketahanan Pangan Kota Bogor dan Lurah Margajaya Kota Bogor.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBaznas
#LumbungPangan
#RumahSemai

Leave a Comment