Tiga bulan lebih pandemi Covid-19 merebak diseluruh penjuru dunia, termasuk tanah air Indonesia dan menyebabkan terbatasnya seluruh kegiatan dan berimbas pada berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi. Para pelaku UMKM turut merasakan dampak tersebut, seperti juga berimbas pada Saudagar Zmart yang menurunnya omset pendapatan.

Pada Rabu (25/06), Salah satu mustahik Saudagar Zmart binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, Dedeh Sumarni (54) yang tinggal di Jl. Ibu Noch Kartanegara RT 001 / RW 010, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota, Jawa Barat. Beliau memiliki niat baik dengan segala keterbatasannya ingin menunaikan ibadah kurban di hari raya Idhul Adha yang jatuh pada akhir Juli nanti.

Melalui Pendamping Program Zmart LPEM BAZNAS, Ramdan Maulana mengungkapkan bahwa meski beliau saat ini hanya bergantung pada hasil Zmart dan pendapatan suami yang berprofesi sebagai pekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup serta tanggungan satu orang anak perempuan dan 2 cucu yang masih tinggal serumah.

Di sela-sela diskusi, Ibu Dedeh menyampaikan niat mulianya, “mohon doanya meskipun sekarang kondisi ekonomi sangat tidak stabil, apalagi jika melihat tanggungan yang ibu sama bapak tanggung, Ibu berusaha untuk selalu menyisihkan keuntungannya walaupun tidak besar untuk berkurban. Ibu pengen sekali, mudah-mudahan bisa cepat terkumpul dan berkurban.” harapnya.

Saat ini tabungan ibu Dedeh sudah mencapai 1,2 juta dengan catatan tabungan yang terlihat rapih dan Insya Allah dapat ikut berkurban di Idul Adha tahun ini. Di samping itu, di wilayah tempat tinggalnya sudah ada kepanitiaan khusus yang dibentuk oleh warga setempat untuk keperluan kurban. Pendamping menyaksikan semangat yang didorong niatan mulia Ibu dedeh meskipun dalam situasi dan kondisi yang sulit, masih dapat dan mampu menyisihkan walaupun bukan dalam jumlah nominal yang besar.

Motivasi yang dapat menjadi pemantik semangat pendamping yang bangga atas niatan mulia Bu Dedeh dan tentunya dapat dibagi sebagai syi’ar ikhtiar.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#LembagaPemberdayaanEkonomiMustahik 
#Zmart
#LekasPulihIndonesia 
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment