Salah satu visi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS adalah mengoptimalkan pendayagunaan zakat dalam mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan dan pemoderasian kesenjangan sosial. Hal tersebut menjadi fokus utama dalam hal pendampingan mustahik yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM).

Hingga saat ini, LPEM BAZNAS rutin melakukan pendampingan kepada mustahik. Salah satu mustahik yang mendapatkan pendampingan dari LPEM BAZNAS yakni saudagar Zmart, Astrie Mega Kartika (30th) yang berlokasi usaha di Jl. Rasdan, Kel. Nyengseret, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung (19/10).

Pendamping program Zmart, Supriadi mengungkapkan bahwa pendampingan kali ini adalah edukasi tentang pengembangan omzet usaha dan pencatatan keuangan. Selain itu, pendamping juga memberikan motivasi usaha kepada mustahik tersebut terutama semgat untuk tetap menjalankan usaha walau di tengah pandemi.

Sejak mendapat bantuan melalui program Zmart, terjadi peningkatan usaha yang cukup baik. Saat dikunjungi, Astrie memaparkan bahwa saat ini ia mendapatkan omset harian sebesar 250.000. Omset ini mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya yaitu pada kisaran 150.000 hingga 200.000 per harinya. Sehingga Astrie dapat menyisihkan sebagian dari hasil labanya untuk kebutuhan di masa mendatang. Hal ini dilakukan Astrie agar ia dapat bangkit dari jurang kemiskinan yang selama ini ia dan keluarganya rasakan.

Selain itu, pendamping juga mendampingi dan memeriksa pencatatan keuangan milik Astrie. Pendamping juga memeriksa arus kas rugi laba dan stock opname sehingga nantinya akan memudahkan Astrie dalam pelaporan pekanan dan kelancaran pencatatan keuangan usaha.

Walau di tengah pandemi Covid-19 dan Kota Bandung merupakan Zona Merah, pendamping tetap semangat memberikan pendampingan kepada mustahik. Pendamping berharap agar mustahik tak putus semangat dalam berusaha dan terus doa di setiap langkah usahanya.

Pendamping LPEM BAZNAS tetap menjaga protokol kesehata, dalam setiap proses pendampingan. Hal ini dilakukan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak serta dibekali hand sanitizer agar mencegah penyebaran Covid-19.

#BAZNAS
#LPEM
#Zmart
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment