Kampung Batik Cibuluh yang terletak di Kel. Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor merupakan salah satu titik pemberdayaan desa binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang telah menerima bantuan modal usaha dan pendampingan sejak tahun 2019. Sejak mendapat pendampingan dari BAZNAS, Kp Batik Cibuluh telah banyak menunjukkan perkembangan terutama dalam kerjasama atau kemitraan dengan pihak eksternal seperti lembaga pemerintahan di Bogor dan IPB.

Salah satu kerjasama yang dijalankan yaitu dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Pada Kamis (21/01), Disperindag menyerahkan bantuan perlengkapan alat batik dan mesin jahit kepada pengrajin batik di Kp. Batik Cibuluh. Penyerahan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Pemberian secara simbolis diserahkan oleh Kepala Diperindag Kota Bogor, Ganjar Gunawan kepada perwakilan kelompok batik, yaitu Batik Bumiku. 

Pendamping program BAZNAS, Rizky mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan oleh Disperindag Kota Bogor menjadi harapan pengembangan Kampung Batik Cibuluh khususnya pada pengrajin batik yaitu Batik Gaziseri, Batik Sadulur, Batik Cherri, Batik Pancawati, Batik Melinda, Batik Melangit, Batik Bumiku dan Batik Panineungan. Bantuan tersebut ditujukan sebagai langkah awal dalam pemulihan perekonomian masyarakat serta memberikan manfaat bagi pengrajin untuk berinovasi dalam produksi serta pemasarannya.

“Seluruh kelompok pembatik merasa sangat senang dengan bantuan yang mereka terima, seperti kompor listrik batik, bal celup pewarna batik, panci pelodoran besar, kompor semawar, loyang cap batik, canting tilis dan cap tembaga. Adapun mesin berupa mesin jahit, mesin neci dan mesin obras.” ujar Rizky

“Dana yang digelontorkan digunakan untuk pengembangan Kp. Batik Cibuluh berupa revitalisasi gapura dan mural serta perlengkapan alat batik dan mesin jahit. Semoga bantuan tersebut mampu meningkatkan semangat produksi batik dan perekonomian UKM di Kampung Batik Cibuluh”, ujar Ganjar Gunawan pada kepada perwakilan pengrajin batik Kampung Batik Cibluh.

BAZNAS melalui pendampingan intensif terhadap mustahik binaan terus memberikan pendampingan dan penyuluhan ke berbagai pihak sebagai bentuk kemandirian mustahik agar terus berkembang khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBAZNAS
#MustahikPengusaha
#KpBatikCibuluh

Leave a Comment