Bogor (21/20). Kp. Batik Cibuluh yang berlokasi di Bogor Utara, Kota Bogor merupakan kampung pembatik binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS laksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bersama Institut Pertanian Bogor berupa pelatihan menjahit dan pemasaran.

Pelatihan Pemasaran Produk Kp. Batik Cibuluh terlaksana pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dan pelatihan praktek menjahit pada pukul 10.00 – 15.30 WIB di Aula Serbaguna Kel. Cibuluh, Bogor Utara. Pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan standar protokol Covid-19 dengan pengecekan suhu badan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Pelatihan pemasaran dipandu oleh Ibu Hardiana selaku Dosen IPB dengan materi yang diberikan berfokus pada ciri khas setiap brand batik yang dimulai dengan praktek pembuatan akun market place dan WhatsApp Bisnis. Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan setiap kelompok pengrajin yang berjumlah 15 pengrajin batik.

Pelatihan menjahit selanjutnya dipandu oleh Bapak Dentawira guru menjahit yang ditugaskan oleh IPB. Pelatihan yang diberikan berupa materi pembuatan pola dan pengukuran desain baju, celana, dan rok yang di ikuti oleh 12 anggota kelompok Konveksi di Kp. Batik Cibuluh.

Semoga dalam pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan skil SDM di Kp. Batik Cibuluh, sehingga terciptanya kolaborasi antara Kelompok Pembatik dan Kelompok Konveksi dalam pembuatan dan pemasaran produk batik Kota Bogor.

#BAZNAS
#LpemBAZNAS
#MustahikPengusaha
#Kp.BatikCibuluh
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment