Tangerang (04/06). Salah satu bentuk intervensi yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kepada pelaku usaha binaannya adalah pendampingan intensif dalam bentuk kelompok maupun secara individu. Pendampingan dilakukan dalam berbagai aspek seperti aspek ekonomi, sosial dan religiusitas.

Salah satu intervensi yang dilakukan pada program Zmart yakni dengan melakukan stok opname dan pemasaran produk. Pendampingan secara intensif diberikan kepada Ifat Fatimah (47) Saudagar Zmart dari kelompok “Arrizki” binaan BAZNAS yang berlokasi di Kp. Markisa RT 01/02 Kel. Pasar Baru Kec. Karawaci, Tangerang.

Ifat sudah secara berkala melakukan stok opname produk terlaris seperti minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur ayam, kopi dan mie instan yang menjadi produk retail yang secara berkala juga dipromosikan melalui media sosial whatsApp secara online atau melalui kegiatan komunitas posyandu, arisan atau pengajian yang memang juga secara rutin diikuti oleh Ifat sehingga menambah keuntungan tersendiri untuk meningkatkan penjualan produk.

Dampak positif yang dirasakan dengan adanya hal tersebut adalah adanya omzet sudah mulai meningkat dan mencapai 1 juta /hari saat ini. Stok opname dan pemasaran produk terlaris menjadi salah satu materi yang penting harus terus dilakukan oleh para Saudagar lain selain Ifat, dan tentunya dampak positifnya yaitu adanya peningkatan omzet harian dari usaha yang dijalani oleh mereka.

Banyaknya materi pendampingan yang telah diberikan kepada Saudagar Zmart Ifat seperti motivasi usaha, pencatatan omset, stok opname dan pemasaran produk, pengembangan usaha. Berkat banyaknya mateir yang didapatkan, rata-rata omzet harian di bulan Mei naik menjadi 1.700.000/hari dibandingkan bulan April sebesar 1.500.000/hari.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

Zmart

Leave a Comment