Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan mengadakan Sekolah Tani kepada petani mustahik Kelompok Tani Barokah di Desa Pujo Basuki, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah (28-29/02). Pelaksanaan Sekolah Tani Organik dilakukan oleh Erik Mulyana selaku Pendamping Teknis Pertanian Organik LPEM.

Kegiatan Sekolah Tani Organik dilaksanakan selama dua hari dan diberikan kepada 28 petani mustahik Kelompok Tani Barokah dan difokuskan pada pemberdayaan petani dengan meningkatkan kualitas produksi, membuka jaringan pasar, dan meningkatkan harga jual sehingga akan tercipta pertanian yang sehat bagi lingkungan, petani, masyarakat dan konsumen.

Sekolah Tani Organik dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yaitu pemberian teori yang terdiri dari dasar-dasar pertanian organik dan praktek pembuatan pupuk organik serta pestisida nabati. Adapun target dari materi kegiatan ini adalah meningkatkan dan memperbaiki kesuburan tanah, meningkatkan kualitas produk pertanian, dan meningkatkan pendapatan petani dengan menurunkan modal kerja.

Dengan dilaksanakannya Sekolah Tani, diharapkan dapat mengubah pola pikir petani mitra dari pertanian konvensional menjadi pertanian organik yang sehat bagi petani, lingkungan, masyarakat, dan konsumen.

Leave a Comment