Hari demi hari banyak masyarakat yang menginginkan menjadi pelaku usaha, karena dengan menjadi pelaku usaha kedepannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Pelaku usaha dituntut untuk memiliki perizinan usaha agar meningkatkan kualitas produk dan mendapatkan peluang yang besar kedepannya.

Perizinan usaha memberikan legalitas kepada pelaku usaha, baik dalam bentuk izin maupun tanda daftar usaha. Untuk itu, Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Mustahik Pengusaha mendorong para mustahik binaan dapat mendirikan usaha dan mendapatkan pengakuan dari regulator atau pemerintah. Hal ini diperlukan agar pelakuk usaha telah legal untuk menjalankan usahanya.

Hesty Merriyana (40), salah satu mustahik binaan LPEM BAZNAS dari anggota kelompok Barokah Food yang berokasi di Bedahan, Sawangan, Kota Depok, pada (17/11) akhirnya telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) beserta Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk produk frozennya dengan dibantu oleh tim pendamping LPEM BAZNAS. Bantuan diberikan mulai dari pendaftaran akun di website Online Single Submission (OSS), memilih kualifikasi usaha, mengisi formulir perizinan mikro kecil, mengisi data pribadi, mengisi data usaha dan prasarana, hingga mencetak NIB beserta IUMK. 

“Alhamdulillah puji syukur atas kenikmatan yang telah Allah berikan dengan memiliki legalitas usaha ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan UKM,” ujar Hesty.

Harapannya dibantunya seluruh mustahik binaannya dalam memiliki legalitas usaha resmi NIB dan IUMK, produk usaha mustahik dapat lebih dikenal dan dipercayai oleh banyak orang, bertambahnya konsumen, dan meningkatkan perekonomian keluarga.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment