Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh petani dari kelompok tani Sari Alam dan Riung Gunung binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Kabupaten Sukabumi, dikarenakan petani binaan BAZNAS akan menjadi pemasok beras zakat fitrah yang akan didistribusikan di berbagai wilayah Indonesia.

Suri Musaeri (49th) anggota kelompok tani Sari Alam mengucapkan rasa syukurnya atas amanah yang diberikan BAZNAS dalam pengadaan beras zakat fitrah tahun ini. Hal tersebut dapat meningkatkan taraf ekonomi petani dikarenakan memiliki nilai jual lebih tinggi daripada dijual ke pemasok di sekitar wilayah petani.

“Alhamdulillah tahun ini mendapatkan amanah kembali dari BAZNAS untuk program pengadaan dan distribusi beras zakat fitrah karena harga jual relatif lebih tinggi daripada jika petani harus menjual ke penadah di wilayah sukabumi, sehingga keuntungan bisa meningkat 15-20%,” ujar Suri.

“Jumlah beras yang sudah diproses oleh petani Sukabumi hingga saat ini sudah mencapai 101 ton beras. Petani pun juga membeli gabah dari petani sekitar dengan melihat kualitas beras terbaik meski harga pembelian lebih tinggi 500 rupiah demi menjamin kualitas hasil beras yang baik,’ sambung Suri.

Sebelumnya kelompok tani di Sukabumi merasa khawatir akan adanya wacana impor beras oleh pemerintah, sedangkan di Desa Cibatu, Kab. Sukabumi sedang melaksanakan panen padi secara serempak, tentu kalau tidak diserap oleh pasar dapat menjatuhkan harga jual beras petani.

Dalam proses produksinya, petani juga telah memiliki mesin pecah kulit gabah sehingga mampu menyaring dan memisahkan antara gabah dan beras. Kemudian dilanjutkan melalui mesih kedua untuk menentukan derajat sosoh beras dan diakhiri melalui alat saringan untuk memilah menir dan kotoran yang masih tersisa dalam beras.

Petani juga memiliki tips setiap proses pengolahan hingga menjadi beras berkualitas, pada saat proses pengeringan gabah, kadar air tidak boleh kurang atau lebih dari 12-14%.

Semoga dengan adanya pengadaan beras zakat fitrah BAZNAS mampu meningkatkan ekonomi keluarga petani, baik petani binaan maupun petani sekitar.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

LumbungPangan

Leave a Comment