Ucap syukur terus dilantunkan oleh Roni (37th), petani kelompok “Bina Hidup Sejahtera” binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Ds. Cirendeu, Kec. Petir, Kab. Serang. Pada Rabu (06/01), ia memanen 127 kg kacang panjang setiap dua hari sekali.

Rasa gembira sekaligus kebahagiaan terus ia pancarkan dari raut wajahnya saat ditemui oleh pendamping program Lumbung Pangan, Muhamad Pirdaus di area kebun seluas 4000 meter persegi tersebut saat proses panen kacang panjang. Perlu dikatehui, Roni tidak hanya menanam kacang panjang, nantinya ia akan menambah bibit tanamam terong.

“Ahamdulillah bersyukur atas panen musim ini, dimana harga kacang panjang ditaksir hingga 8.000/ kg serta beryukur atas harga jual yang tinggi di pasaran. Alhamdulillah panen pada hari ini melebihi target yakni 127 kg dan akan dipanen setiap dua hari” ucap Roni

Pirdaus mengungkapkan bahwa tekad dan semangat budidaya kacang panjang yang dilakoni Roni telah membuahkan hasil. Setelah mendapatkan bantuan modal usaha, ia bersama kelompok tani dan pendamping membelanjakan benih kacang panjang. Kini berkat keuletannya dalam merawat tanamannya menggunakan pemupukan organik berbuah manis.

“Roni dibantu dengan istri dan tetangganya melakukan proses panen dengan cara manual, yaitu memetiknya dengan tangan.” ucap Pirdaus.

Roni merupakan mustahik binaan BAZNAS yang telah mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan sejak bulan Oktober 2020 dan memantpkan usaha pertaniannya di budidaya kacang panjang.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment