Rabu (15/04), Salah satu kondisi yang tidak terdampak negatif terhadap penjualan adalah kebutuhan pangan bahkan sebaliknya kebutuhan pangan menjadi semakin penting ditengah pandemi Covid-19. Ditengah gejolak pandemi Covid-19 ini permasalahan yang timbul di tengah masyarakat salah satunya adalah individu yang kesulitan mengakses kebutuhan pangan tersebut.

Semakin luasnya penyebaran wabah Covid-19 membuat kita untuk physical distacing atau kontak langsung dengan orang lain. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memulai gerakan kemandirian pangan dari tingkat rumah tangga mulai dari hal sederhana, salah satunya dengan menanam sayuran sendiri dirumah.

Sebagai bentuk upaya kepedulian Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kepada masyarakat terdampak akibat masa pandemi Covid-19, maka melalui kegiatan UMKM Class Online kali ini bertema “Pangan Keluarga Mandiri dI Tengah Wabah Covid-19” yang disiarkan langsung bersama pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS yakni Tri Saloka Destriawan di Channel YouTube BAZNAS TV, sehingga nantinya masyarakat dapat langsung mempraktekan di rumah.

Sistem budidaya yang digunakan menggunakan prinsip hidroponik karna prinsipnya dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dan hanya membutuhkan sedikit air. Berkebun sederhana di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini dapat kita manfaatkan yakni sebagai berikut :

  1. Memenuhi kebutuhan konsumsi
  2. Menghilangkan kejenuhan pekerjaan
  3. Berkebun dapat membakar kalori
  4. Menstimulus kesehatan mental dan fisik
  5. Sedekah Oksigen

Menurut Kepala Lembaga LPEM BAZNAS Bapak Deden Kuswanda mengatakan bahwa pembatasan yang diterapkan pemerintah di beberapa wilayah Jabodetabek bukan penghalang bagi masyarakat untuk aktif dalam menumbuhkan rasa kemandirian, salah satunya dengan menanam sayuran sederhana di rumah, sehingga masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangan sayur di rmah masing masing.

“UMKM Class Online yang diselenggarakan oleh LPEM BAZNAS akan terus dilaksanakan di setiap hari Rabu selama masa PSBB berlangsung, sehingga masyarakat dapat tetap mendapatkan ilmu walau tetap #dirumahaja” jelasnya.

Semakin luasnya dampak Covid-19 membuat LPEM BAZNAS melakukan aktivitas pendampingan melalui media online sebagai bentuk penerapan physical distacing dalam mengurangi penyebaran wabah yang terjadi di negri kita tercinta.

LPEMBAZNAS

BaznasTanggapCovid-19

UMKMClassOnline

DirumahAja

PanganMandiri

LekasPulihIndonesia

Leave a Comment