UMKM Class Online BAZNAS merupakan kegiatan pelatihan pengembangan usaha yang disiarkan langsung melalui YouTube BAZNAS TV kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pendamping UMK dan masyarakan Indonesia yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Pengembangan Bisnis Mustahik setiap 2 pekan.

Mengusung tema “Kesempatan UMKM Menjadi Suplier Pemerintah Melalui Pemasaran Digital” disampaikan langsung oleh Ibu Sitti Darmawasita, ST, M. Si selaku Asisten Deputi Standardisasi dan Sertifikasi, Kementerian Kopoperasi dan UKM RI pada Jumat (18/12) pukul 09.00-11.00.

Dalam pembahasan yang disampaikan dalam bentuk presentasi materi, pemateri menyampaikan beberapa info penting bagi pelaku usaha terkait kondisi daya saing UMKM, 3 pilar pemberdayaan UMKM, 6 program strategis, sinergi lintas stakeholders, 9 kemudahan bagi UMK, sasaran program dan sektor.

Dilanjutkan dengan dukungan pemerintah kepada produk-produk UMKM Indonesia dan komoditas daya saing tinggi yaitu pertama dengan mendukung standarisasi dan sertifikasi, kedua mendukung pemasaran dikital, ketiga mendukung pelibatan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa.

Di akhir sesi, pemateri menyampaikan pesan bagi pelaku UMKM Indonesia bahwa kedepannya kementerian koperasi dan UKM akan terus bersinergi dengan para pelaku UMKM, pemerintah akan terus hadir bagi seluruh pelaku UMKM dan akan memberikan pendampingan lainnya tentang program program pemerintah yang akan dijalankan.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#UMKMClassOnlineBAZNAS
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment