Jumat (03/06), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS laksanakan kegiatan UMKM Class Online BAZNAS yang bertemakan Sosiaisasi Sertifikasi Halal Produk kepada para pelaku UMKM, pendamping UMKM dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan dilaksanakan melalui media teleconference atau aplikasi Zoom dan live streaming YouTube BAZNAS TV.

Peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 13.000 peserta, namun yang dapat beriteraksi langsung dalam aplikasi Zoom sebanyak 1000 peserta, lainnya menyaksikan live streaming YouTube BAZNAS TV.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Bapak Irfan Syauqi Beik sekaligus memberi arahan tentang pentingnya sertifikasi halal terhadap produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM se-Indonesia, dimana sertifikasi inilah yang menandakan bahwa produknya layak konsumsi khususnya pada masyarakat muslim.

Kegiatan Sosialisasi Sertifikasi Halal Produk UMKM disampaikan langsung oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia, Bapak Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D. Dalam penyampaian yang berlangsung selama 80 menit ini beliau menyampaikan tentang dalil dalil halal produk, konsep halal haram, sejarah BPJPH, wewenang BPJPH, proses sertifikasi halal, prinsip dasar, tahapan sertifikasi serta peran ummat dan jaminan produk halal.

Kepala Lembaga Pemberdayaan EKonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, Deden Kuswanda mengungkapkan bahwa pelatihan ini sebagai dukungan kepada para pelaku UMKM untuk dapat segera melabeli produknya dengan sertifikasi halal produk.

Kedepannya UMKM Class Online BAZNAS akan terus dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan pengetahuan para pelaku UMKM Indonesia khususnya yang terdampak pada pandemi COVID-19.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#PengembanganUsaha
#UMKMClassOnline
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment