Jumat (17/07), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program pengembangan usaha mustahik melaksanakan kegiatan UMKM Class Online yang bertemakan teknik pengelolaan frozen food melalui media live streaming Youtube BAZNAS TV.

Acara yang berlangsung selama 90 menit tersebut di isi oleh Kepala Subdikertorat Registrasi Pangan Olahan Risiko Sedang, Yeni Oktaviany, STP., MP. dan dimoderatori oleh Koordinator Pengembangan Usaha Mustahik, Raden Ahmad Nabhan dengan jumlah viewers live streaming lebih dari 2000 orang.

LPEM BAZNAS akan terus mengikuti perkembangan trend dalam memberikan pelayanan edukasi UMKM dengan tema Frozen Food sebagai usaha yang sedang booming di masa pandemi COVID-19.

Pembahasan tentang frozen food ini dirasa sangat membantu para pelaku UMKM, karena frozen food merubah kadar air yang tersisa menjadi es dan menghambat pertumbuhan besar bakteri penyebab kebusukan makanan tersebut.

Pelatihan ini membahas tahapan memperoleh sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan dua tahap dari registrasi akun dan registrasi produk pangan olahan untuk mendapatkan surat izin.

Prosedur dalam pendaftaran izin sangatlah mudah, dimulai dari membuka web e.reg.pom.go.id , input data perusahaan, upload dokumen persyaratan, evaluasi dan verifikasi dan di akhir akan mendapatkan user id dan passpord.

Persyaratan mendapatkan izin BPOM juga mudah, dengan melampirkan NPWP, Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Usaha dan hasil audit sarana produksi (PSB).

Adapun pelatihan teknik pengelolaan frozen food standar BPOM dapat dilihat kembali di link berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=k-9MxLhJ10Y

Kegiatan UMKM Class Online BAZNAS akan terus dilaksanakan sebagai bentuk pengembagan usaha pelaku UMKM binaan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#UMKMClassOnline
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment